Similar to HTML, What Is It? CSS!



Halo Sobat Athon!

Hari ini kita bakal belajar lebih lanjut tentang basic bahasa pemrograman lagi nih. Giliran bahasa pemrograman apa ya? Yups, CSS! Cascading Style Sheets (CCS) dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) pada tahun 1996 dan berbasis syntax yang dilengkapi dengan sekumpulan rule untuk mengaturnya.


HTML dan CSS memiliki keterikatan yang erat karena HTML adalah bahasa markup (pondasi situs) dan CSS memperbaiki style (untuk semua aspek yang terkait dengan tampilan website), sehingga kedua bahasa pemrograman ini harus berjalan beriringan.


CSS memungkinkan user mengatur jenis font, warna tulisan, dan latar belakang halaman. Tak hanya itu, kecepatan loading website juga dapat meningkat dengan CSS karena rangkaian kode untuk beberapa halaman website dapat ditulis sekaligus.


Dalam pembagiannya, CSS terdiri dari 3 bagian yaitu CSS inline, internal dan external. CSS inline adalah kode CSS yang dituliskan di dalam file HTML dan hanya mempengaruhi satu baris kode. CSS internal adalah kode CSS yang berfungsi untuk menentukan tampilan sebuah halaman. Yang terakhir adalah CSS external yaitu kode CSS yang berfungsi untuk mengatur tampilan semua halaman website sekaligus.


Demikian pendalaman singkat tentang CSS, Sobat. Kalau Sobat Athon prefer basic bahasa pemrograman yang mana nih, CSS, HTML atau Javascript?


Jangan lupa pantengin semua platform kita yaa, Sobat! Pastinya banyak banget informasi yang akan sobat dapatkan dan sangat bermanfaat untuk Sobat Athon sekalian~


Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3


#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#TelkomAthon3

#LivinginTelkom

#DigitalBisa



Referensi:

https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-css

https://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-css/


18 views

Recent Posts

See All