top of page

Cerita Menarik Tentang Perkembangan Coding dan Programming Dari Masa Ke Masa.

Updated: Jun 18, 2023



Haloo Sobat Athon!!

Hari Kamis yang ceria untuk sobat athon tercinta~~

Pasti sudah mengetahui bahwa aplikasi atau program dibuat melalui penulisan kode oleh seorang programmer menggunakan bahasa pemrograman. Seperti seorang filsuf yang mempertanyakan asal-usul alam semesta, pernahkah Anda berpikir dari mana asal mula bahasa pemrograman? Nah, mari kita langsung simak cerita tentang sejarah pembuatan bahasa pemrograman agar sobat athon mendapatkan informasi langsung.


Pada tahun 1822, cikal bakal bahasa pemrograman muncul dengan hadirnya mesin bernama Difference Engine yang diciptakan oleh Charles Babbage, seorang mahasiswa di Universitas Cambridge, Inggris. Namun, mesin buatan Babbage hanya mampu menghasilkan satu jenis output. Baru 10 tahun kemudian, Charles Babbage mengembangkan mesin pengolah data tersebut menjadi versi kedua pada tahun 1849. Perjuangan Babbage kemudian dilanjutkan oleh anaknya, Henry Prevost. Prevost membuat salinan perhitungan algoritma mesin tersebut dan mengirimkannya ke berbagai institusi di seluruh dunia.


Dengan penyebaran algoritma mesin Prevost, perkembangan semakin terjadi. Pada tahun 1854, George Boole menemukan sistem logika yang dikenal sebagai logika Boole. Pengembangan logika ini terus berkembang dari tahun ke tahun, dan pada tahun 1935, seorang ilmuwan Jerman bernama Konrad Zuse membuat mesin kalkulator biner bernama Z-1. Kemudian, pada tahun 1939, Zuse dipanggil untuk mengabdi pada militer dengan membuat mesin Z-2, yang kemudian dilanjutkan dengan Z-3 dan Z-4.


Ketika sedang mengembangkan Z-4, Zuse menyadari bahwa bahasa pemrograman menggunakan bahasa mesin yang terlalu rumit. Bahasa mesin ini termasuk dalam bahasa tingkat rendah karena terdiri dari kumpulan kode 0 dan 1, atau bisa dibilang "ya" dan "tidak". Setelah melakukan penelitian selama setahun, pada tahun 1945, terciptalah bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama di dunia yang disebut Plankalkul (Plan Kalkulus). Dengan Plankalkul, Zuse berhasil menciptakan mesin catur komputer pertama di dunia.


Kemudian, bahasa pemrograman terus mengalami perkembangan, dan pada tahun 1959, seorang wanita bernama Grace Hopper menciptakan FLOW-MATIC. Mesin tersebut memiliki pengaruh besar dalam pembuatan bahasa pemrograman COBOL (Common Business Oriented Language), bahasa pemrograman yang banyak digunakan pada mainframe dan komputer mini pada tahun 1959.


Perkembangan bahasa pemrograman semakin pesat dengan hadirnya bahasa C. Dennis Ritchie dan Brian Kernighan menciptakan bahasa C awalnya untuk mesin DEC PDP-11. Dengan kehadiran bahasa C, banyak bahasa pemrograman baru bermunculan seperti C++, Java, C#, dan masih banyak lagi. Bahasa pemrograman terus berevolusi untuk menjadi lebih mudah digunakan seiring dengan perkembangan zaman.


Saat ini, di mana teknologi terus berkembang, penting bagi sobat athon untuk mengetahui semua ini. Hal ini akan membantu dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti yang kita alami sekarang.


Coding sendiri adalah tahapan penulisan kode dan aturan dalam mengelola perangkat lunak atau aplikasi agar dapat diperbaiki dengan lebih baik. Kode tersebut dapat dianggap sebagai perintah untuk memerintahkan komputer agar melakukan tugas yang diinginkan secara otomatis sesuai dengan program yang ditentukan. Pemrograman, di sisi lain, melibatkan terjemahan kode dan bahasa pemrograman serta meliputi analisis dan tugas lain yang terkait dengan fungsi pemrograman.


Oleh karena itu, dapat disimpulkan, sobat athon, bahwa coding merupakan proses menyusun kode dalam bahasa tertentu menjadi sebuah program, sedangkan pemrograman melibatkan proses menerjemahkan program dari awal yang meliputi analisis data untuk menguji program tersebut.


Referensi :


34 views0 comments

Comments


bottom of page