Yuk Cari Tahu VPN dan Strukturnya


Halo Sobat Athon!


Happy Friyeay,,,


Sobat kemarin kita sudah membahas terkait Data, pastinya sangat menarik kan? kali ini sobat akan kita ajak untuk membahas materi yang ga kalah menarik nih.. yap, kali ini kita akan membahas secara singkat terkait VPN nih.


Apa itu VPN?

Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan publik dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan local. Dengan cara tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada di dalam kantor atau LAN itu sendiri, walaupun sebenarnya menggunakan jaringan milik publik.


Apa aja sih struktur di dalam VPN?

  1. Tunneling, adalah metode di mana satu paket jaringan dibungkus dengan yang lain. Paket yang dienkapsulasi disebut paket tunnelled dan paket eksternal disebut paket transport, yang di enkapsulasi. Semua informasi yang terkandung dalam paket dienkripsi pada level terendah, level tautan model OSI. Seperti halnya VPN, konsep tunneling telah tersedia selama bertahun-tahun. Telah digunakan untuk menjembatani bagian internet yang telah terputus kapasitas atau kebijakan. Di bagian atas protokol internet, terowongan bertindak sebagai router.

  2. Remote Access VPN, memungkinkan pengguna untuk menghubungkan jaringan pribadi dari jarak jauh mengakses semua layanan dan sumber daya mereka. Komunikasi jaringan pribadi pengguna ada melalui Internet dan koneksi aman dan pribadi. Remote Access Virtual Network berguna untuk pengguna rumahan dan pengguna bisnis.

  3. VPN Site-to-Site membangun koneksi virtual antara jaringan di kantor yang terisolasi secara geologis dan menghubungkannya melalui internet dan memelihara komunikasi jaringan pribadi yang aman. Dalam satu router ini bertindak sebagai klien VPN dan yang lain bertindak sebagai server VPN karena berfokus pada konektivitas antara jaringan dan pengguna. Jika hanya otentikasi antara dua router saja yang dicentang maka koneksi dimulai.


Nah gimana sobat? sudah paham kan apa itu VPN dan struktur didalamnya?


Semoga Bermanfaat, Stay Safe and Healthy Sobat!!



Jangan lupa pantengin seluruh platform kami yaaaa, Sobat :)

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3


#TelkomAthon

#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#LivinginTelkom

#DigitalBisa


Referensi

https://www.ijstr.org/final-print/june2019/Database-Management-System.pdf


4 views