top of page

Terobosan Desain UI/UX: Menghadirkan Kenyamanan yang Memikat Pengguna!

Updated: Jul 5, 2023



Halo Sahabat Athon!

Bagaimana kabar hari ini? Semoga semuanya baik ya~


Di sini mimin ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang bagaimana memaksimalkan UI/UX untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna.


Hal yang paling penting bagi pelanggan ketika mengunjungi sebuah situs web adalah tampilannya. Jika tampilan web tidak menarik, pengguna akan segera meninggalkan halaman tersebut karena merasa tidak nyaman. Bagi perusahaan, hal ini dapat mengakibatkan penurunan kunjungan pelanggan. Di era digitalisasi seperti sekarang ini, pengguna selalu menginginkan pengalaman terbaik saat menjelajahi website atau aplikasi.


Banyak perusahaan menyediakan platform mereka sendiri, namun banyak yang kurang memperhatikan aspek visual, kenyamanan pengguna, dan pengalaman pengguna dalam setiap fitur dan desain yang digunakan. Oleh karena itu, pengaruh User Interface (UI) dan User Experience (UX) dalam perancangan desain prototipe website sangat penting agar pengguna merasa nyaman dan mendapatkan pengalaman yang baik saat menggunakan produk tersebut.


Proses perancangan ini menggunakan metode Design Thinking. Apa saja tahapannya?

Design Thinking adalah metode pemecahan masalah berbasis solusi yang berfokus pada pengalaman pengguna secara berulang. Terdapat lima tahap dalam metode ini, yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test.


  1. Emphatize: Bagaimana cara kita memahami emosi yang sama dengan yang dirasakan oleh orang lain. Melalui empati, kita dapat merasakan perasaan mereka tentang masalah, situasi, dan kondisi yang dihadapi.

  2. Define: Proses untuk mendapatkan wawasan dari pengguna dan memahami kebutuhan mereka. Contohnya, menciptakan persona pengguna yang akan menjadi dasar dalam perancangan produk atau aplikasi.

  3. Ideate: Proses untuk menghasilkan solusi dari berbagai ide yang kemudian digambarkan melalui brainstorming.

  4. Prototype: Proses pembuatan rancangan tampilan website yang ingin dibangun, kemudian mengimplementasikan ide-ide tersebut untuk menciptakan prototipe atau produk yang siap diuji.

  5. Test: Teknik yang digunakan untuk melakukan evaluasi, yang melibatkan beberapa pertanyaan atau tugas yang harus diselesaikan atau dijawab oleh peserta.


Nahhh, begitu lah sob kira-kira cara yang mungkin dapat dilakukan oleh seorang UI/UX designer untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya! Dan untuk lebih mudah dihafalnya bisa kita singkat menjadi EDIPT. plesetan dari adopt yah hihi ~


Gimanaaa? tertarik kah untuk mencoba lima tahapan tersebut? Boleh bangett nih langsung aja di implementasikan sob!


Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca, Sobat! Have a Nice Dayyyy



Referensi :


11 views0 comments

Kommentare


bottom of page