Tak kenal maka Tak sayang, Yuk Kenalan dengan Mobile Developer



Halo Sobat Athon!

Apa kabar nih? Masih semangat kan? Pastinya masih dong yaa!

Sobat Athon pasti udah gak asing kan dengan pepatah ‘Tak Kenal maka Tak Sayang’? Nah jadi lebih baik kita kenalan dulu yuk sama Mobile Developer, kenapa sih kita harus mengenal lebih dalam terkait Mobile Developer? Dilansir dari glints.com pekerjaan programing yang paling diincar dan semakin dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai bidang industri adalah Mobile Developer.


Kenapa demikian? melansir Systango, hal ini terjadi karena masyarakat dan audiens perusahaan lebih suka melakukan pembelian melalui mobile app ketimbang platform lainnya. Nah untuk itu buat kamu yang ingin berkarir di bidang ini, tentu saja wajib mengetahui bagaimana tugas dan peranannya terlebih dahulu dan apa sih Mobile Developer itu?

Jadi, dilansir dari Freelancer Map mobile developer merupakan seorang programmer yang memiliki keahlian dalam bidang teknologi mobile, seperti pembuatan aplikasi untuk Android Google, iPhone Operating System (iOS), dan platform ponsel Windows. Secara umum, mereka-lah yang mendesain, membuat, mengembangkan, bahkan mengimplementasikan berbagai aplikasi mobile yang konsumen gunakan. Itulah mengapa, seorang developer mobile juga harus menguasai banyak bahasa pemrograman serta berbagai lingkungan pengembangan.

Tentunya, tugas dan tanggung jawab seorang developer di bidang mobile tidak hanya itu. Ada banyak lagi peranan dan tugas yang harus diketahui sesuai kemampuannya. Dilansir dari glints.com berikut tugas seorang pengembang aplikasi mobile secara lebih khusus:

  1. Bertanggungjawab atas pengembangan berbagai macam software, agar bisa berjalan sesuai dengan platform OS yang digunakan.

  2. Mendiskusikan persyaratan yang diajukan klien dan menawarkan solusi untuk rekan kerja.

  3. Mengintegrasikan application programming interfaces atau API untuk mengimplementasikan data-data yang didapat baik dari sumber internal/eksternal.

  4. Menggunakan, memindahkan serta mengadaptasi aplikasi yang sudah ada untuk kegunaan yang lebih praktis dalam bentuk mobile.

  5. Membuat kode, mencoba serta memonitor perubahan dokumen untuk aplikasi mobile.

  6. Melakukan kerjasama tim dalam melakukan inovasi fungsi beserta melakukan desain untuk aplikasi mobile.

Selain itu, untuk menjadi seorang mobile developer, kamu harus menguasai beberapa skill dibawah ini.

1. Memahami bahasa pemrograman terkait mobile developer, seperti React Native, Flutter atau yang lainnya

2. Mampu menggunakan API, Seorang mobile developer juga dituntut untuk memiliki kemampuan menggunakan berbagai jenis API agar lebih efektif dalam membangun aplikasi

3. Memahami akan desain UI/UX, Desain UI/UX akan membantu developer menciptakan sebuah aplikasi yang mampu menjawab kebutuhan user.

4. Memiliki pengetahuan akan arsitektur, framework serta tren baru, Menjadi seorang mobile developer tantunya kamu perlu untuk menguasai mengenai arsitektur, framework yang mana hal ini bertujuan untuk membangun kinerja yang baik.


Gimana nih sobat athon? Semakin kenal lebih dalam dan semakin tertarik kan pastinya dengan stream mobile developer ini kan pastinya. Eits jangan salah Telkom Athon juga punya stream Mobile Developer loh, hayo apa ? yappp betul React Native. Untuk itu yuk join di Telkom Athon karena sobat harus bisa mengikuti perkembangan zaman sesuai kebutuhan.


Penasaran kira-kira mimin minggu depan bakalan ngebahas apa? Untuk itu pantengin terus website dan seluruh platform kita yaa, tentunya akan banyak informasi yang bisa kita kupas sampai tuntas !!









26 views