top of page

Software Engineer & Developer, Emang Beda?


Halo Sobat Athon!

Kemarin kita uda sempet ngebahas tentang bedanya programmer dan developer. Sekarang, waktunya ngabahas yang serupa tapi tak sama part 2 nih. Yup, yaitu perbedaan software engineer dan software developer. Siapa nih yang ngira kalo dua-duanya sama aja? Biar tau ngebedainnya, simak informasi berikut ini ya Sobat!


Software engineer adalah orang-orang yang bertugas untuk merancang, mengembangkan, mengelola, menguji, hingga mengevaluasi perangkat lunak. Para software engineer diharapkan bisa menguasai bahasa pemrograman seperti C++, Python, dan Java, memahami konsep software testing, komunikasi, dan sebagainya.


Sedangkan, software developer adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk menangani segala proses pengembangan dan juga berkolaborasi dengan klien untuk membuat theoretical desain. Software developer biasanya akan dibantu oleh programmer yang dalam membuat kode agar software berjalan sebagaimana mestinya. Bahasa pemrograman biasanya digunakan oleh software developer sama dengan software engineer yaitu Python, C#, Java, serta C++.


Bila dibandingkan, tanggung jawab software engineer dan lingkup kerjanya lebih luas daripada software developer dikarenakan software developer umumnya terlibat dalam satu proses spesifik pembangunan perangkat lunak, berbeda dengan software engineer yang terlibat dalam setiap proses pembuatan perangkat lunak dari awal hingga akhir.


Ternyata di dunia IT banyak banget ya pekerjaan yang dikira sama ternyata beda, developer dan programmer, UI dan UX dan juga engineer dan developer. Menurut Sobat, apalagi nih perbedaan yang menarik buat dibahas?


Jangan lupa pantengin semua platform kita yaa, Sobat! Pastinya banyak banget informasi yang akan sobat dapatkan dan sangat bermanfaat untuk Sobat Athon sekalian~

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3





19 views
bottom of page