Perbaiki User Interface dan User Experience agar Pelanggan Puas


Halo, Sobat Athon!

Have a good friday🌤

As we all know, perkembangan teknologi ke arah serba digital telah berlangsung semakin pesat, nih, Sobat, sehingga pemahaman akan user experience (UX) dan user interface (UI) yang telah kita pelajari sebelumnya menjadi krusial bagi perusahaan karena dianggap mampu untuk mengelola bisnis dan meningkatkan kepuasaan pelanggan di tengah-tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Sudah banyak perusahaan yang mulai sadar akan pentingnya mempelajari UI/UX sebagai bahan evaluasi, berinovasi serta berkompetisi untuk menghasilkan produk dan jasa terbaik yang dapat menjawab seluruh kebutuhan dan keinginan pasar yang mereka targetkan, lho. Wah, wah, persaingan bisnis akan semakin ketat nih karena adanya kemajuan pola pikir tiap perusahaan untuk beradaptasi di era digital ini.

Sobat tau ga sih seberapa penting UI/UX sebagai tolak ukur kepuasaan pelanggan? Bayangkan apabila UI/UX disepelekan dan dikesampingkan, maka perusahaan tidak mampu memenangkan hati konsumen dan tidak membuat mereka ingin menggunakan aplikasinya secara berulang. Terlebih untuk kalangan startup kecil, UI/UX menjadi sangat penting karena memberikan kesan pertama. Desain UI/UX dapat meningkatkan pengalaman pengguna di aplikasi dan kepuasan secara keseluruhan, apabila mereka merasa nyaman menggunakannya mereka tidak akan segan untuk merekomendasikan aplikasi tersebut kepada teman, kerabat, keluarga, dan lainnya.

UI yang menarik akan menciptakan rasa nyaman terhadap penggunanya, begitu pun UX yang rapi memberikan kesan mudah untuk digunakan. Kematangan perancangan UI/UX berbanding lurus dengan meningkatnya kepuasaan customer. Kepuasan pelanggan mengindikasikan seberapa baik pengalaman kegunaan sebuah produk dibandingkan dengan nilai yang diekspektasikan pembeli. Maka dari itu, perancangan UI/UX harus diperhatikan dan dikembangkan setiap saat agar menghasilkan penampilan yang terbaik.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai betapa pentingnya UI/UX terhadapan kepuasaan pelanggan. Semoga dengan artikel ini Sobat semakin paham yaaa.

Semoga bermanfaat, stay safe and stay healthy! :D

#TelkomAthon

#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#LivinginTelkom

#DigitalBisa

Referensi : http://www.journal.vokasi.ui.ac.id/index.php/jsht/article/view/116/92

3 views