Penerapan UIUX Dengan Metode Design Thinking


Halo Sobat Athon!


Happy Friyeay,,,


Sobat Kalian pasti sudah tidak asing dengan istilah Design Thinking kan? Nah ternyata metode design thinking itu berguna banget lo untuk UIUX. Mau tau lebih nih tentang metode Design Thinking? Yuk langsung disimak!


Apa itu Design Thinking?


Design thinking adalah sebuah pendekatan berbasis solusi kreatif lintas disiplin yang menggabungkan pemikiran analitis, keterampilan praktis, dan kreatif dalam pemikiran. Metode yang akan digunakan adalah metode Design Thinking. Metode ini untuk menciptakan solusi yang diawali dengan proses Empathize terhadap suatu keperluan tertentu yang berpusat pada manusia (human centered). Metode Design Thinking terdapat 5 tahapan yaitu, Emphatize (Empati) bertujuan untuk memahami pengguna dalam konteks produk yang dirancang melalui observasi dan penyebaran kuisioner dengan skenario yang diberikan pertama. Tahap kedua adalah Define (Penetapan), bertujuannya untuk menentukan rumusan permasalah sebagai tujuan utama penelitian. Tahap ketiga Ideate (Ideasi), bertujuan untuk menghasilkan ide atau gagasan sebagai dasar pembuatan prototyping. Keempat, Prototype (Prototipe) yaitu desain awal produk yang akan dibuat agar dapat menemukan kesalahan secara dini dan memperoleh kemungkinan - kemungkinan baru. Terakhir adalah Uji coba. Uji coba dilakukan untuk mengumpulkan data dari berbagai respon pengguna atau melihat apakah aplikasi tersebut layak untuk dipakai atau tidak.


Itulah pemanfaat metode design thinking untuk UIUX. Jadi bagaimana ni sobat? Tertarik untuk belajar lebih jauh mengenai Design Thinking?


Semoga Bermanfaat, Stay Safe and Healthy Sobat!!


Jangan lupa pantengin seluruh platform kami yaaaa, Sobat :)

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3


#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#TelkomAthon3

#LivinginTelkom

#DigitalBisa


Referensi

https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/download/1745/579



5 views