Mengenal DBMS dan Fungsinya


Halo Sobat Athon!


Happy Friyeay,,,


Sobat hari ini kita akan membahas tentang Data, nah siapa diantara sobat yang udah tau terkait DBMS ? mungkin ada yang sudah tahu atau mungkin ada yang masih belum tahu ya. Pada blog Telkom Athon kali ini kita bakal bahas secara singkat terkait DBMS dan apa sih fungsi dari DBMS.~


Apa itu DBMS?


DBMS merupakan singkatan dari Database Management System. DBMS ini merupakan software yang digunakan untuk memudahkan organisasi atau perusahaan mengelola database, atau kumpulan data yang saling terhubung satu sama lain. DBMS bertindak sebagai antarmuka antara database dengan pengguna. Dengan kata lain, di dalam sebuah DBMS terdapat satu atau banyak database. Berkat adanya DBMS, setiap data dapat dikelola, dimanipulasi, dan diolah menjadi bentuk informasi baru.


Lalu apa fungsi dari DBMS ini?

  1. Menjaga Integritas Data

DBMS memiliki aturan terkait integritas data, yang dapat mengurangi data sia-sia dan memaksimalkan konsistensi data. Memastikan integritas data adalah salah satu fungsi penting DBMS untuk data transaksional.

  1. Penyimpanan Data

Salah satu fungsi dari DBMS adalah mengelola penyimpanan data yang kompleks. Data harus disimpan secara efisien, apakah di memori atau penyimpanan fisik (hardisk). Strategi penyimpanan ini sangat berpengaruh pada kinerja database.


1. Kamus Data

Kamus data adalah salah satu fungsi terpenting dari DBMS. Sistem DBMS menyimpan elemen (kolom) dari data dan keterkaitan antar data dalam sebuah kamus data. Dengan adanya kamus data, Anda dapat mempelajari struktur data yang kompleks saat membangun aplikasi database.


2. Transformasi dan Presentasi Data

DBMS menyimpan data yang diinput oleh pengguna sesuai struktur data yang didefinisikan. Pengaturan struktur data ini dilakukan agar data tidak sia-sia. Data yang tersimpan dengan terstruktur ini harus dapat ditarik kembali dan ditampilkan secara informatif kepada pengguna.


3. Keamanan Data

Keamanan data juga merupakan salah satu fungsi penting DBMS. DBMS memiliki standar keamanan dan privasi data yang kuat. Tidak semua pengguna memiliki akses pada database. Akses dibagi lagi ke dalam hak untuk melihat, memasukkan, mengubah, atau menghapus data.


4. Memungkinkan Akses ke Banyak Pengguna

Ini salah satu fungsi dari DBMS. Dimana Algoritma di dalam DBMS memungkinkan data dapat diakses secara paralel oleh pengguna.


5. Menyediakan Prosedur Pencadangan dan Pemulihan

DBMS memiliki fitur untuk melakukan backup dan recovery database. Database sebaiknya di-backup secara rutin untuk menjaga keamanan dan integritas data. Kita tidak pernah tau insiden apa yang terjadi. Ketika sesuatu terjadi, Anda sudah siap melakukan recovery dari backup data yang ada.


Nah itulah penjelasan singkat terkait DBMS dan fungsinya.Semoga sobat setelah membaca artikel ini bisa lebih paham, ya.


Semoga Bermanfaat, Stay Safe and Healthy Sobat !!


Jangan lupa pantengin seluruh platform kami yaaaa, Sobat :)

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3


#TelkomAthon

#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#LivinginTelkom

#DigitalBisa


Referensi

https://www.ijstr.org/final-print/june2019/Database-Management-System.pdf


6 views