Mengenal Business Intelligence


Halooo, Sobat Athon!

How’s your day? I hope you feel great, yaaa! ~~~ ‍

Berhubung sekarang lagi marak bahasan tentang Business Intelligence, Mimin mau kasih penjelasan nih tentang Business Intelligence!

Istilah business intelligence sendiri mengacu kepada suatu profesi dan juga mengacu pada sebuah aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan. Business intelligence dalam sebuah aktivitas merupakan sebuah proses bisnis yang memanfaatkan teknologi khusus agar dapat menganalisa data dan menyajikan data tersebut sebagai bentuk informasi yang mudah dipahami untuk keperluan bisnis.

Biasanya, pengambilan keputusan ini diambil berdasarkan fakta menggunakan data historis yang dilakukan oleh seorang Business Intelligence. Tugas utama seorang business intelligence sendiri adalah mampu mengumpulkan, membaca, dan menafsirkan data yang dapat digunakan untuk melihat tren dan perbandingan dengan kompetitor dalam sebuah industri. Kemampuan menganalisa, berkomunikasi, mengoperasikan beberapa tools seperti SQL, Microsoft Excel, dan R pun tak lepas dari skill yang harus dimiliki oleh seorang BI.


Dalam sebuah perusahaan, seorang business intelligence pun merupakan divisi khusus untuk menentukan kebijakan perusahaan hingga teknik bisnis yang efektif. Gimana keren banget kan sobat? Kebayang gak sih bagaimana suatu perusahaan dapat bertahan di tengah persaingan pasar tanpa adanya seorang Business Intelligence? Impossible!!


Nah, kira kira itulah gambaran penting dari Business Intelligence. Tertarik untuk mendalaminya? So, jangan lupa untuk selalu belajar hal-hal baru yaaa sobat! Salam sehat semuanya! >____<

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3

#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#TelkomAthon3

#LivinginTelkom

#DigitalBisa

Referensi :

https://adi-journal.org/index.php/abdi/article/view/764


27 views