Java vs Javascript Serupa Tapi Tak Sama


Halo Sobat Athon!


Happy Friyeay,,,


Sobat kemarin kita sudah mengulas beberapa bahasa pemrograman nih, ada yang sudah tahu gak sih kalo sebenernya Java dan Java script itu beda loh ternyata, Berhubung bahasa pemrograman tersebut sangat familiar dan itu seringkali disangka sama, Nah, buat yang suka ketuker atau suka dianggap kembar nih, pas banget deh, kita bakal bahas disini supaya Sobat semakin paham kedepannya~


Sebelum kita membahas perbedaannya, kita harus tahu dulu nih apa sih java dan javascript itu.


Java merupakan bahasa pemrograman yang Dikembangkan oleh James Gosling, selalu menjadi bahasa pemrograman utama yang menjadi andalan para developer, sebagai bahasa pemrograman yang multifungsi karena dibuat untuk mengembangkan aplikasi di berbagai platform, seperti mobile, desktop, hingga website.


Sedangkan JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Brendan Erich. Javascript ini dibuat dengan aturan yang sama dan diciptakan untuk menemani Java. lebih spesifiknya, Javascript dibuat untuk pengembangan website dengan sintaks yang serupa dengan Java.


Loh dari pengertiannya aja sama kok fungsinya untuk membuat website, lalu apa yang membedakannya? Ada cukup banyak perbedaan Java dengan JavaScript. Itu karena kedua bahasa ini memang bekerja di bidang yang sedikit berbeda. Berikut perbedaannya:

  • Bahasa

Salah satu perbedaan yang utama antara Java dan JavaScript adalah bahasanya. Java adalah bahasa pemrograman multi-platform, yang berbasis objek, sedangkan javascript lebih merupakan bahasa scripting

  • Penggunaan

Cara penggunaan ini salah satu perbedaan Java dan JavaScript yang paling mencolok. Biasanya, Java digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile. Itu karena ada banyak fitur pada Java yang sangat cocok pada aplikasi mobile.


Sedangkan JavaScript itu digunakan untuk mengembangkan aplikasi website. Awalnya, JavaScript hanya berfungsi untuk frontend website. Namun, sekarang JavaScript bisa untuk membuat backend website hingga aplikasi berbasis mobile app. Saat ini, bahasa scripting ini memiliki banyak framework dan library seperti Angularjs, React JS, Vue JS .

  • Aturan Penulisan

Untuk aturan penulisan antara Java dan JavaScript juga memiliki berbeda. JavaScript cenderung lebih sederhana dibandingkan Java sehingga lebih cocok dipelajari terlebih dahulu oleh pemula. juga demikian, Java wajib dikuasai dengan baik meskipun aturan penulisannya cukup rumit jika Anda ingin menguasai tentang OOP lebih dalam.

  • Skala Penggunaan

Dalam skala penggunaan, Java lebih unggul. Bahasa pemrograman tersebut dapat melakukan berbagai pekerjaan yang berbeda di memori yang sama. Hal itu dikenal dengan istilah multi thread.


Sedangkan, JavaScript cenderung lebih lemah, hanya bisa menjalankan tugas di satu memori atau single thread sehingga untuk dapat melakukan scale up sebuah project tentu kurang ideal.

  • Proses Eksekusi

Perbedaan pemrograman Java dan JavaScript juga dapat dilihat dari proses eksekusi.

Dimana Java, kode program akan dieksekusi menggunakan Java Virtual Machine baru dapat terlihat hasilnya. Sedangkan pada JavaScript, hasil sudah dapat dilihat hanya menggunakan web browser. Hampir semua browser modern saat ini sudah support dengan javascript.

  • Kompilasi

Java adalah bahasa pemrograman yang bersifat compiled. Artinya, hasil programnya dapat diketahui saat masa kompilasi. Beda halnya dengan JavaScript yang merupakan bahasa script. Jadi, hasil dari pemrograman dapat diketahui saat runtime.

  • Dukungan Closures

Di Javascript mendukung Clousures berupa fungsi anonim, dengan hal tersebut memungkinkan untuk melewat fungsi sebagai argumen ke fungsi lain. Sebaliknya di Java tidak memberlakukan metode tersebut, cara untuk menstimulasi Clousures adalah dengan menggunakan Class anonim


Itulah beberapa perbedaan dari java dan javascript, Meskipun sekilas namanya mirip ternyata perbedaan Java dan JavaScript cukup banyak juga kan sobat. Tulisan diatas ini semoga bisa sebagai bekal sobat untuk dapat mengembangan aplikasi dan website dengan baik.


Semoga Bermanfaat, Stay Safe and Healthy Sobat !!


Jangan lupa pantengin seluruh platform kami yaaaa, Sobat :)

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3


#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#TelkomAthon3

#LivinginTelkom

#DigitalBisa


Referensi

https://www.jagoanhosting.com/blog/perbedaan-java-dan-javascript/

https://codingstudio.id/perbedaan-java-dan-javacript/


3 views

Recent Posts

See All