top of page

Jangan Sampai Tertukar, Ini Dia Bedanya UI dan UX!



Halo Sobat Athon!


Pastinya sudah tidak asing lagi dong dengan istilah UI/UX Design. User Interface (UI) dan User Experience (UX) merupakan dua hal yang saling berkaitan. Namun, tak jarang banyak orang yang mengira keduanya sama.

User Interface (UI)

UI Design adalah proses yang digunakan desainer untuk membangun tampilan yang menarik dalam suatu perangkat lunak. Orang yang membuat UI Design dikenal sebagai UI Designer, mereka bertugas untuk membuat desain Interface agar aplikasi mudah digunakan. Selain itu, UI Designer juga bertanggungjawab atas elemen-elemen visual dalam suatu aplikasi.

User Experience (UX)

UX Design merupakan proses mendesain suatu produk yang akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna. UX Designer merupakan orang yang bertanggung jawab untuk membuat UX Design. UX Design dirancang untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan dan kepuasan saat menggunakan produk, komponen desain UX meliputi fitur-fitur, struktur desain dan navigasi.

Perbedaan UI dan UX

Perbedaan UI dan UX dapat dilihat dari tujuan dan komponen desainnya. Desain UI bertujuan untuk mempercantik tampilan produk, komponen UI meliputi warna, gambar dan video animasi, typography, buttons, dan visual interaksi lainnya. Sedangkan komponen UX meliputi bagaimana fitur-fitur yang disediakan pada produk, usability dan information architecture. Tak hanya itu, UX juga meliputi penentuan branding, konten dan copywriting yang sesuai dengan target pengguna.

Nah, gimana sobat? Udah semakin paham mengenai perbedaan UI dan UX kan pastinya? Berhubung udah semakin paham nih, mimin mau kasih informasi kalau di Telkom Athon juga ada stream UI/UX & PM lho! Tentunya bisa bikin kalian langsung terjun untuk mempelajari UI/UX & PM lebih dalam.

Jangan lupa pantengin semua platform kita yaa, Sobat! Pastinya banyak banget informasi yang akan sobat dapatkan dan sangat bermanfaat untuk Sobat Athon sekalian~


Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3


Sumber:

https://blog.skillacademy.com/perbedaan-ui-dan-ux-designer

https://www.niagahoster.co.id/blog/perbedaan-ui-dan-ux/


29 views
bottom of page