Jangan Keliru, Data Science dan Data Analyst Itu Berbeda loh!!


Halo Sobat Athon!


Happy Friyeay,,,


Sobat Kalian pasti sudah tidak asing dengan istilah data science dan data analytics kan? Meskipun demikian, ternyata masih banyak loh yang belum paham dengan perbedaan kedua istilah tersebut, untuk itu kali ini kita akan membahas perbedaan dari kedua istilah tersebut. Sebelum kita membahas perbedaan dari kedua istilah tersebut, kita harus tahu terlebih dahulu pengertian dari masing-masing istilah tersebut.


Apa itu Data Science?

Data Scientist adalah seorang yang mampu menganalisis, memproses, mendesain model dan algoritma data untuk diinterpretasikan menjadi rencana atau tindakan perusahaan. Data Scientist seringkali berurusan dengan data mentah yang tidak terstruktur atau bahkan permasalahan bisnis yang bersifat intangible, sehingga pekerjaannya membutuhkan tools dan metode dari Statistika serta machine learning untuk merampingkan data.


Lalu apa yang dimaksud dengan Data Analyst?

Data Analyst adalah seorang yang bisa mengumpulkan dan menafsirkan data, untuk memecahkan masalah tertentu melalui proses data cleaning, transformasi, dan pemodelan data. Data Analyst biasanya bekerja dengan data terstruktur untuk memecahkan masalah bisnis yang tangible menggunakan alat seperti bahasa pemrograman SQL, R atau Python, software visualisasi data, dan analisis statistik.


Itulah perbedaan dari Data Science dan Data Analytics. Walaupun kedua bidang tersebut berbeda, keduanya dapat digunakan bersama untuk menganalisis informasi yang ada untuk keperluan bisnis yang sedang kita jalankan.


Semoga Bermanfaat, Stay Safe and Healthy Sobat!!


Jangan lupa pantengin seluruh platform kami yaaaa, Sobat :)

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3


#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#TelkomAthon3

#LivinginTelkom

#DigitalBisa


Referensi

http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1142/1012

https://arxiv.org/pdf/1801.00371.pdf


7 views