Developer vs Programmer: What is the Difference?



Halo Sobat Athon!

Selama ini ngulas terkait seluruh stream, pasti sering banget kan baca ‘developer’ dan ‘programmer’? Berhubung posisi itu seringkali disangka sama, tau gak sih kalau sebenarnya posisi tersebut adalah dua hal yang berbeda? Nah, buat yang suka ketuker atau suka menganggap kembar nih, pas banget, kita bakal bahas disini supaya Sobat semakin paham kedepannya~


1. Developer

Pada dasarnya, developer merupakan programmer, tapi programmer belom tentu sebagai developer. Tugas-tugas dari para developer ini yaitu mendesain perangkat lunak, melakukan analisis, riset dan pengembangan/development, menulis dokumentasi terkait proyek, melakukan maintenance dan core implementation. Cakupan tugas para developer yaitu designing application architectures, melakukan testing atau mengelola code sampai ke CI/CD pipeline.


2. Programmer

Para Programmer bertugas untuk mengonversi desain atau konsep menjadi sistem software komputer. Programmer biasanya tidak ditugaskan untuk merancang arsitektur aplikasi atau membantu menguji atau mengelola kode sampai ke CI/CD. Mereka hanya menulis kode untuk mengimplementasi fungsionalitas yang diperintahkan sesuai dengan requirement yang ada, lalu menyerahkannya kepada orang lain untuk ditesting dan dideploy.


3. Perbedaan Developer dan Programmer

Perbedaan yang mendasar dari programmer dan developer ialah pada lingkup tugas dalam proyek yang dikerjakan. Para developer punya cakupan yang lebih luas dibandingkan programmer. Biasanya, developer memahami lebih banyak terkait keseluruhan proyek yang sedang dibuat. Sedangkan, programmer memiliki tugas yang lebih spesifik dalam pengerjaan proyek, yakni hanya melakukan coding.


Nah, gimana Sobat? udah kebayang kan perbedaan mereka bedua ini? Jadi, saat ini Sobat lagi ada di posisi apa nih, Developer atau Programmer? xixixi, apa pun itu, Sobat tetap keren dan selalu di hati Telkom Athon deh pokoknya~


Jangan lupa pantengin seluruh platform kami yaaaa, Sobat :)

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3


#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#TelkomAthon3

#LivinginTelkom

#DigitalBisa



Referensi:

https://glints.com/id/lowongan/perbedaan-programmer-dan-developer/#.YphS8e5By3A

https://www.itprotoday.com/devops-and-software-development/programmer-vs-developer-vs-engineer-what-s-difference


6 views

Recent Posts

See All