Database Terstruktur Berkat Back End Developer



Halo Sobat Athon!

Tau ga sih siapa orang di balik kompleksnya website yang sering Sobat kunjungi? Ada front-end developer, UIUX designer dan back end developer. Nah kali ini kita akan membahas tentang back end developer, ahlinya database dan server.


Back end developer bertugas tak hanya untuk membuat website, tapi mereka juga bertanggung jawab untuk melakukan testing terhadap performa dan keamanan serta memastikan tidak adanya celah untuk melakukan hacking, SQL injection, deface, bruteforce dan semacamnya yang dapat membahayakan server dan data yang ada di dalamnya.


Salah satu langkah yang biasa dilakukan seorang back end developer adalah terkait user management. Dengan mengelola hak akses setiap pengguna sesuai kewenangannya, backend developer dapat mengatur siapa saja yang bisa mengakses data apa saja.


Bahasa pemrograman yang umumnya digunakan oleh para back end developer adalah PHP, JavaScript, Python, Ruby dan lainnya. Selain bahasa pemrograman, back end developer juga harus menguasai framework sesuai dengan bahasa pemrograman seperti PHP memiliki CodeIgniter, Laravel, Yii, dll, dan Python memiliki Pyramid, Django, CherryPy dll dan JavaScript memiliki AngularJS, ExpressJS, NextJS, dsb.


Backend developer juga bertanggung jawab untuk merancang struktur database dengan efisien agar dapat berjalan dengan optimal dan sesuai kebutuhan. Maka dari itu, backend developer juga harus menguasai SQL (Structured Query Language), yang merupakan bahasa pemrograman agar aplikasi dapat mengakses data seperti melakukan CRUD (Create, Read, Update, Delete) terhadap database relasional.


Back end developer juga berperan untuk mengatur API dari website. Application Programming Interface merupakan sekumpulan dari kode yang memungkinkan suatu aplikasi bisa terhubung dengan aplikasi lainnya seperti aplikasi pembayaran online, jasa pengiriman, cek ongkir dan sejenisnya.


Jangan lupa pantengin seluruh platform kami yaaaa, Sobat :)

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3



#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#TelkomAthon3

#LivinginTelkom

#DigitalBisa




Referensi:

1. https://glints.com/id/lowongan/pekerjaan-back-end-developer/#.Yns50OhBzIV

2.https://qwords.com/blog/backend-developer/#:~:text=Backend%20Developer%20atau%20Back%20End,server%20side%20atau%20backend%20engineer.

3. https://www.niagahoster.co.id/blog/backend-developer/



8 views