Data Scientist 101: How to Become A Good One




Halo, Sobat Athon! Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang Data Science, nah sekarang kita bakal bahas lebih spesifik tentang orang di balik data science ini. Yup, data scientist! Sobat tau ga apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang data scientist? Nih, bakal kita spill di bawah ya!


Mungkin beberapa dari Sobat ada yang bingung membedakan data scientist dengan data analyst? Data scientist bertugas untuk memproses data menggunakan berbagai cara dan algoritma, sedangkan data analyst bertugas untuk menganalisis data dan menghasilkan laporan hasil terjemahan data angka, sehingga mudah dimengerti.


Seorang data scientist umumnya menguasai beberapa skill yaitu interpretasi data, keahlian dalam bidang coding dan statistical modeling dan juga mampu mengumpulkan saran-saran yang nantinya akan diberikan kepada perusahaan untuk ditindaklanjuti.


Apakah skill yang di atas cukup untuk menjadi seorang data scientist? Tentu masih ada beberapa skill lagi seperti software engineering, language programming, kalkulus dan aljabar, pemetaan data, machine learning, statistika, dan juga problem solving. Nah, jadi buat Sobat Athon yang ingin menjadi seorang data scientist, boleh banget nih untuk mengasah kemampuan di bidang tersebut.


Dalam sebuah artikel Harvard Business Review disebutkan bahwa data scientist merupakan salah satu role yang happening dalam 10 tahun terakhir, namun ketersediaan SDM-nya yang sangat terbatas. Sobat Athon, berminat untuk mengisi role ini? Tenanggg, di Telkom Athon juga ada salah satu stream terkait Data Science, lho! Tentunya bisa membantu Sobat langsung terjun untuk menjadi Data Scientist~



Jangan lupa pantengin semua platform kita yaa, Sobat! Pastinya banyak banget informasi yang akan sobat dapatkan dan sangat bermanfaat untuk Sobat Athon sekalian~

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3


#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#TelkomAthon3

#LivinginTelkom

#DigitalBisa


Referensi:

https://www.ekrut.com/media/apa-bedanya-data-scientist-dan-data-analyst

https://www.sekawanmedia.co.id/blog/data-scientist/


59 views