Data Science, Kenapa Ya Happening Banget?




Halo, Sobat Athon!


Sudah pernah mendengar data science bukan? Tapi, apakah Sobat sudah tahu apa itu data science? Data science adalah gabungan dari ilmu komputer, strategi bisnis, statistik, dan matematika untuk mengelola big data.


Sepenting apakah data science? Sebuah perusahaan duduk di atas harta karun data. Teknologi modern yang dimiliki memungkinkan pembuatan dan penyimpanan informasi menjadi semakin banyak. Namun, seringkali data tersebut tersimpan dalam sebuah database yang sebagian besarnya tidak tersentuh. Banyaknya data yang telah dikumpulkan dapat membawa manfaat yang transformatif bagi sebuah perusahaan, tetapi hanya jika kita dapat menafsirkan data tersebut. Nah disanalah data science masuk ke dalam bagian perusahaan.


Dilansir dari DQLab.id, ada tiga komponen penting dalam data science yaitu:

  1. Organising data adalah proses penyimpanan data yang digabungkan dengan manajemen data.

  2. Packaging data merupakan proses manipulasi dan penggabungan data mentah yang akan direpresentasikan.

  3. Delivering Data (The OPD of Data) merupakan proses untuk memastikan bahwa pesan data telah diakses oleh mereka yang memerlukannya.


Orang yang mengerjakan data science dikenal sebagai data scientist. Data scientist bertugas untuk melakukan pengumpulan data, manipulasi data, hingga analisis data dengan melakukan pemodelan untuk menghasilkan informasi yang berguna agar bisa dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan di masa depan.


Data scientist dalam pekerjaannya menggunakan beberapa tools seperti Jupyter Project, sebuah alat open source berbasis Python untuk membantu menciptakan perangkat lunak open source dan komputasi interaktif. Tools lainnya ialah Apache Spark yaitu mesin analitik yang dirancang khusus untuk menangani batch processing dan stream processing. Apache Spark juga memiliki banyak API machine learning yang dapat membantu data scientist membuat prediksi yang kuat.


Nah, itu dia informasi singkat mengenai data science dan peran dari data scientist. Sobat Athon tertarik ga nih untuk jadi seorang data scientist? Pastinya tertarik kan! Tau gak Sobat? Telkom Athon batch 3 juga memiliki stream ‘Data Science’, lho! Jadi, disana kalian bisa memperdalam terkait data science ini~


Jangan lupa pantengin semua platform kita yaa, Sobat! Pastinya banyak banget informasi yang akan sobat dapatkan dan sangat bermanfaat untuk Sobat Athon sekalian~

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3

#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#TelkomAthon3

#LivinginTelkom

#DigitalBisa



Referensi:

https://codingstudio.id/tools-data-science/

https://dqlab.id/pengertian-data-science-contoh-dan-profesi

https://dqlab.id/yuk-kenalan-dengan-data-science

https://glints.com/id/lowongan/data-science-adalah/#.YjMcx3pBzIW

https://www.ekrut.com/media/apa-bedanya-data-scientist-dan-data-analyst


34 views