Data Mining: Masa Lalu, Sekarang, dan Masa Mendatang



Heeeyy, Sobat Athon!

Have a greaaaat fridaaay~~


As everyone knows, penggunaan internet di seluruh dunia telah meningkat pesat sehingga menghasilkan data dalam jumlah yang besar. Nah, tau ga sih? ternyata data-data tersebut perlu dikumpulkan dan diproses terlebih dahulu lho supaya memberikan manfaat dan dapat digunakan untuk membuat keputusan. Istilah dari proses mengumpulkan data dan memproses data ini dikenal sebagai Data Mining.


Jadi, data mining itu apa sih secara sederhana? Bisa dibilang ini adalah proses pengumpulan data dan pengolahan data yang bertujuan untuk mengekstrak informasi penting pada data. Proses ini dapat dilakukan melalui perangkat lunak dengan bantuan perhitungan statistika, matematika, ataupun teknologi Artificial Intelligence (AI). Data mining ini sering juga disebut Knowledge Discovery in Database (KDD) yaaa~~


Penting untuk Sobat ketahui bahwa dalam data mining terdapat beberapa metode, antara lain association untuk mengidentifikasi produk yang sering dibeli bersamaan oleh pelanggan, lalu ada classification untuk memprediksi kelas suatu objek, regression untuk menjelaskan variabel dependen melalui proses analisis variabel independen, dan clustering untuk pengelompokan customer berdasarkan tingkat kemiripannya.. Nah, data mining ini juga memiliki tiga tujuan lho Sobat, antara lain untuk explanatory, confirmatory, dan exploratory. Penerapan data mining jelas dibutuhkan oleh banyak sektor, terutama dalam bisnis seperti untuk menganalisa pasar demi melakukan strategi untuk meningkatkan penjualan.


Dalam perbankan, data mining juga dilakukan untuk memprediksi seberapa besar kemungkinan nasabah tidak dapat melunasi pinjaman sehingga dapat meminimalisir resiko kerugian. Serta banyak sektor lainnya yang pasti memerlukan data mining sebagai alat untuk penunjang keberhasilannya.


Kira-kira gitu Sobat penjelasan tentang data mining kali ini, semoga bermanfaat ya! Buat yang belum terlalu paham, dipelajari lagi yaa sampai advanced hihihi! >___<

Salam sehat semuanya!

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3

#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#TelkomAthon3

#LivinginTelkom

#DigitalBisa

Referensi :

https://www.mikroskil.ac.id/ejurnal/index.php/jsm/article/view/44/34



24 views

Recent Posts

See All