top of page

Bukan Sulap Bukan Sihir Bukan Chatbot Biasa, Ini Teman Pintar yang Luar Biasa!


Hai Sobat Athon!!

Apa kabar? Semoga kita selalu dalam keadaan sehat yahh…


Sobat akhir-akhir ini kita sering mendengar pembicaraan tentang Chat GPT, sebuah aplikasi yang dapat memberikan jawaban cepat dan menyerupai gaya bahasa manusia. Lalu Apa sebenarnya GPT itu? GPT (Generative Pre-training Transformer) adalah model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI. Model ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam memahami, menghasilkan, dan memprediksi teks, sehingga sering digunakan dalam aplikasi chatbot dan asisten virtual. Selain digunakan dalam chatbot, GPT juga digunakan dalam berbagai aplikasi lain seperti penerjemahan otomatis, penulisan teks otomatis, dan pembuatan konten website.


Dari pada sobat tambah penasaran, mari kita bahas terlebih dahulu tentang OpenAI, pembuat GPT. Apa itu OpenAI? OpenAI adalah sebuah organisasi riset kecerdasan buatan (AI) yang didirikan pada tahun 2015 oleh sekelompok pemuda terkemuka di bidang teknologi informasi, termasuk Steve Huffman, co-founder dan CEO Reddit, dan Greg Brockman, co-founder dan CTO OpenAI. Tujuan utama OpenAI adalah mengembangkan dan mempromosikan penggunaan AI yang bermanfaat bagi masyarakat. Mereka fokus pada riset dan pengembangan teknologi AI inovatif, serta berpartisipasi dalam berbagai inisiatif untuk mempromosikan kegunaan dan keamanan AI. OpenAI juga menjalin kemitraan dengan perusahaan besar seperti Microsoft untuk mengembangkan aplikasi AI yang bermanfaat bagi masyarakat.


OpenAI telah melakukan riset dan pengembangan berbagai proyek AI dengan berbagai fitur dan kemampuan. Beberapa fitur yang dapat ditemukan pada proyek-proyek OpenAI antara lain:

  1. Kecerdasan buatan: OpenAI telah mengembangkan proyek-proyek yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami, menghasilkan, dan memprediksi teks dengan sangat baik, seperti Chat GPT.

  2. Robotika: OpenAI juga terlibat dalam proyek-proyek robotika, termasuk pengembangan robot sumo yang dapat bertarung dengan robot lainnya.

  3. Penerjemahan otomatis: OpenAI telah mengembangkan proyek yang mampu melakukan penerjemahan otomatis dengan baik, memungkinkan orang dari berbagai negara dengan bahasa yang berbeda untuk saling berkomunikasi.

  4. Penulisan teks otomatis: OpenAI juga telah mengembangkan proyek yang membantu dalam penulisan teks otomatis dengan baik, mempermudah proses penulisan yang efisien.

  5. Pembuatan konten website: OpenAI juga terlibat dalam proyek yang membantu dalam pembuatan konten website dengan baik, mempermudah proses pembuatan website yang efisien.

OpenAI menggunakan berbagai metode dan teknik yang terkait dengan AI seperti machine learning, deep learning, dan natural language processing. Selain itu, OpenAI juga terlibat dalam berbagai inisiatif untuk mempromosikan kegunaan dan keamanan AI, termasuk partisipasi dalam pertemuan AI Policy atau Forum AI dan keamanan. Mereka juga telah bekerja sama dengan perusahaan besar seperti Microsoft untuk mengembangkan aplikasi AI yang bermanfaat bagi masyarakat.


Kira-kira gitu Sobat penjelasan tentang Open Ai yang sedang ramai dibicarakan, keren banget yaa teknologi zaman sekarang xixixi~


Nah Bagi Sobat Athon yang masih penasaran, silakan mencoba langsung Chat GPT dari OpenAI melalui tautan berikut yah https://chat.openai.com/chat. Selain ChatGPT, API OpenAI telah digunakan dalam berbagai aplikasi seperti GitHub Copilot, Keeper Tax, Viable, Duolingo, dan banyak lagi.


Happy reading! ~~~

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)


Referensi :


4 views0 comments

コメント


bottom of page