top of page

Bug? Siapa Takut, Debugging Aja!


Halo Sobat Athon! Bug pasti annoying banget ya buat para programmer. Gimana ngga ngeselin coba? Bug bisa membuat sistem tidak berjalan sempurna sehingga menghambat pekerjaan para programmer. Nah biasanya, programmer bakal melakukan debugging nih untuk mengatasinya. Debugging adalah proses untuk mencari dan menghapus suatu bug dalam sebuah program atau sistem yang menyebabkan eror atau cacat pada program. Debugging penting untuk dilakukan sebelum maupun sesudah perilisan program.


Beberapa manfaat dari dilakukannya debugging adalah proses perbaikan dapat dilakukan secepat mungkin, menghindari kesalahan desain program lebih lanjut, dapat memberikan informasi struktur data dan mengurangi resiko hacker yang menyusup melalui celah bug atau error.

Lalu, apa bedanya testing dan debugging? Testing adalah proses pengecekan pada suatu aplikasi untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut dapat berjalan sebagaimana requirement yang sudah ditentukan. Tujuan utama dilakukannya testing adalah untuk memastikan kualitas dari suatu program dan mengujinya. Sedangkan debugging adalah proses lanjutan ketika suatu program sudah berjalan.

Bagaimana cara melakukan debugging? Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memproduksi bug, lalu mengidentifikasi error, setelah mengidentifikasi, tenemukan di mana letak error di code tersebut berada, apabila sudah ditemukan, saatnya menganalisis dan membuktikan analisis eror tersebut, apabila sudah terbukti, kumpulkan semua error yang ada lalu masukkan semua kode yang sudah diperbaiki ke dalam framework. Pastikan kode tersebut sudah lolos uji coba ya Sobat!


Nah, itu dia sekilas informasi mengenai debugging. Kalau Sobat punya cara tersendiri ga untuk melakukan debugging?


Jangan lupa pantengin semua platform kita yaa, Sobat! Pastinya banyak banget informasi yang akan sobat dapatkan dan sangat bermanfaat untuk Sobat Athon sekalian~

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3


42 views
bottom of page