top of page

Blockchain, Teknologi yang Terdesentralisasi dan Terdistribusi



Halo Sobat Athon!


Pasti udah familiar banget kan dengan yang namanya mata uang kripto? BNB, Bitcoin, Ethereum dan masih banyak lagi! Tapi Sobat sudah tahu belum teknologi apa di balik mata uang ini? Nah, teknologi ini dikenal sebagai blockchain. Walau sangat melekat dengan mata uang kripto, kenyataannya blockchain juga digunakan untuk bidang teknologi dan digitalisasi.


Blockchain adalah sebuah sistem komputer yang berisi catatan transaksi dan aset dari sebuah jaringan bisnis dan resisten terhadap modifikasi data. Blockchain dapat membantu meningkatkan interaksi peer-to-peer (P2P) tanpa perantara. Sebagai contoh, transaksi mata uang digital dapat dilakukan tanpa adanya broker. Selain itu, transaksi blockchain dapat memberikan data real-time dan bisa diakses oleh semua kalangan. Teknologi blockchain bersifat tidak terpusat dan dapat berjalan sendiri tanpa ada pihak ketiga yang mengaturnya.


Dilansir dari suara.com, cara kerja blockchain dimulai ketika sebuah blok menerima data baru. Sistem blockchain sendiri terdiri atas transaksi dan blok. Setiap blok berisi rangkaian hash kriptografi dan hash dari blok sebelumnya, sehingga dapat membentuk sebuah jaringan. Sistem blockchain memiliki sistem keamanan yang baik karena sistem databasenya bersifat immutable atau tidak memiliki perintah edit sehingga aman dari hacker tidak bisa mengubah data yang ada di dalamnya.


Bagaimana Sobat Athon? Pastinya mendapat insight baru kan mengenai blockchain, kan? Tentunya dong! Sobat tau gak? Di Telkom Athon juga ada salah satu stream terkait blockchain, lho! Tentunya bisa membantu Sobat langsung terjun untuk mempelajari blockchain lebih dalam~

Jangan lupa pantengin semua platform kita yaa, Sobat! Pastinya banyak banget informasi yang akan sobat dapatkan dan sangat bermanfaat untuk Sobat Athon sekalian~

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3




Referensi:


36 views
bottom of page