top of page

Bagaimana Transformasi AR & VR Disney MendisrupsI Industri Hiburan ?



Hi Sobat Athon!!!


Masuk ke VR World, seperti di alam nyata,

Seru dan mengasyikkan, tak pernah berhenti tertawa.

Akhirnya Arthon datang dengan penuh warna

Untuk Sobat yang bersemangat membara 


Setelah kemarin kita melewati Opening Telkom Athon yang tentunya penuh dengan keseruan, Nah sekarang kita beralih dulu nihh terkait salah satu hal baru yang ada di Telkom Athon 5. Yapss, benar sekali hari ini kita akan membahas stream baru virtual reality (VR). 

Singkatnya augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) adalah teknologi keren yang menambahkan informasi digital ke dunia nyata atau membuat lingkungan yang sangat realistis. Dengan teknologi ini, cara kita berhubungan dengan dunia nyata dan dunia digital menjadi berbeda secara fundamental.


Nah dari sini mungkin sobat ada yang masih bingung ini perbedaan AR dan VR?


Simple nya sih, VR reka cipta seluruh pengalaman fantasi yang tidak dibatasi oleh dunia nyata. Sementara AR, pengalaman pengguna yang didasarkan pada dunia fisik sebenarnya, namun dapat mengakses fitur-fitur canggih misalnya, dapat diproyeksikan melalui kamera ponsel atau penampil video.


Disney dan Apple Vision Pro


Perusahaan Walt Disney telah menyediakan film animasi yang menghibur untuk anak-anak dan orang dewasa. Disney kini menjalankan strategi untuk pemanfaatan teknologi AR/VR guna meningkatkan pengalaman menonton filmnya di Apple Vision Pro dan beberapa proyek lainnya. Disney terus fokus pada masa depan dengan peluncuran Disney Plus pada Apple Vision Pro yang revolusioner dari Apple . Pengguna dapat mengubah ruang mereka menjadi salah satu dari empat adegan 3D Disney+, seperti Star Wars atau Marvel.



“[Apple Vision Pro]… memungkinkan pengalaman paling imersif dibandingkan perangkat rumah mana pun yang tersedia.” — Alisa Bowen, Presiden Disney+


“Disney menonjol dalam industri media karena kami adalah perusahaan yang berada di persimpangan teknologi inovatif dengan kreativitas yang tak tertandingi… Kini, dengan Apple Vision Pro, kami dapat menghadirkan pengalaman cerita kami ke dalam dimensi yang benar-benar baru. pencelupan." — Aaron LaBerge, President & CTO, Disney Entertainment & ESPN


Disney dan Epic Games


Epic Games, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka bekerja sama dengan Disney untuk membangun “dunia permainan dan hiburan yang luas dan terbuka,”. Disney menginvestasikan $1,5 miliar dalam bentuk saham ekuitas di Epic. Disney berencana merilis pengalaman game 3D kelas dunia yang bekerja sama dengan Fortnite, serta dunia 3D baru yang yang akan menawarkan peluang kepada konsumen untuk bermain, menonton, berbelanja, dan berinteraksi dengan konten, karakter, dan cerita dari Disney. 


Metaverse Disney


Dengan minat mereka baru-baru ini dalam memanfaatkan potensi besar augmented reality, virtual reality, dan Metaverse, Disney telah mulai menganimasikan berbagai karakter dalam realitas alternatif.


Kemajuan baru ini membuka kemungkinan baru, karena AR dan VR menghidupkan figur 2D yang sebelumnya hanya bisa dilihat di layar. Karakter favorit pengguna kini dapat berinteraksi dengannya di Metaverse, lingkungan fisiknya, bukan hanya di layar 2D. Selain berinteraksi dengan karakter 3D Disney, penggemar juga dapat mengunjungi Disneyland secara virtual. Penggemar dapat membeli tiket wahana virtual. Penggemar dapat menggunakan ponsel mereka untuk mengakses taman hiburan virtual, menaiki wahana paling populer, dan melakukan lebih banyak hal dengan memakai headset VR.



Nah, bagaimana menurut Sobat nih tentang kemungkinan tak terbatas 3D, augmented reality, dan virtual reality memiliki kemungkinan yang tidak terbatas bagi industri hiburan ? Yuk diskusi di kolom komentar !!!!


5 views0 comments

Comments


bottom of page