top of page

Bagaimana Penggunaan Data Science dalam Kehidupan Sehari-hari?


Halo Sobat Athon!

Selamat hari kamis, buat kamu sobat athon termanis~~

Sobat Athon tau gak sih kalau saat ini Data Science sudah digunakan di berbagai macam sektor kehidupan dan erat dengan kehidupan sehari-hari? Dan Data Science akhir-akhir ini mungkin menjadi kata yang sering terdengar di telinga sobat. nah yuk simak apa saja bentuk Data Science dalam kehidupan sehari-hari.


Sebelum itu sobat harus tau dulu nih apa sih Data Science itu?

Jadi Data Science adalah bidang ilmu yang digunakan untuk menarik informasi penting dari sekumpulan data. Keilmuan ini mencari pola, keanehan, ataupun suatu rentang dari data-data terstruktur dan tidak terstruktur. Hasil analisis dari proses keilmuan ini kemudian dapat menjadi bahan pertimbangan saat membuat suatu keputusan. Bidang ilmu ini menggabungkan beberapa konsep penting dalam keilmuan lainnya yaitu sebut saja programming, machine learning, database, matematika, statistika, dan bisnis.


Nah agar sobat lebih mengenal dan memahami apa data science, sobat perlu mengetahui dulu penerapannya dan penggunaannya. Untuk itu berikut contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari hari.


1. Rekomendasi Netflix

Sobat apakah pernah menggunakan layanan Netflix, Disney Hotstar, atau yang sejenisnya? Jika iya, sobat pasti familiar dengan rekomendasi film atau serial yang ditampilkan di halaman utama aplikasi tersebut. Nah rekomendasi itu ditampilkan berdasarkan Data Science. Pihak penyedia film mengumpulkan data film-film yang pernah sobat tonton lalu memprosesnya. Dari pemrosesan data tersebut, akan muncul suatu pola tentang genre atau tipe film yang sobat suka. Hal itulah yang dimunculkan dalam rekomendasi di halaman utama.


2. Rekomendasi Produk

Sama halnya dengan rekomendasi film pada Netflix, rekomendasi produk yang sering terlihat di marketplace atau media sosial juga menggunakan Data Science. Berdasarkan pencarian dan hal-hal yang sobat lihat di media sosial, metode tersebut dapat mengetahui produk yang sesuai untuk sobat.


3. Penanganan Pandemi

Rhode Island di Amerika Serikat menggunakan data science untuk menangani pandemi. Mereka menerapkan metode ini untuk menganalisis kasus Covid19, melacak orang yang positif Covid-19 dan orang-orang yang berhubungan dengannya, membangun call centre, dan membuat keputusan terkait pembukaan sekolah.


4. Pencegahan Kriminalitas

Sobat athon tau gak kalo satuan Kepolisian Belgia menggunakan data science untuk mencegah kriminalitas? Kalo belum tau, ternyata mereka mengumpulkan data-data lokasi, waktu, dan tipe kasus kriminal untuk mencari adanya suatu pola. Penggunaan teknologi tersebut menemukan bahwa kejahatan banyak terjadi di sebuah lokasi dan waktu tertentu. Berdasarkan hal itu, kepolisian Belgia menempatkan lebih banyak personel polisi di tempat yang sering terjadi kejahatan.


Gimana sudah tau kan sekarang kalo ternyata Data Science juga digunakan dalam sehari-hari, semoga pembahasan kali ini dapat menambah pengetahuan yah. Buat sobat yang makin penasaran, supaya makin paham, boleh dicek link yang Mimin cantumin di bawah yaaaa.


Happy reading! ~~~

See you next blog sobat!!


Instagram: @digitalamoeba

Eventeer: Eventeer.id

PIC: 081230794890 (Siska)



Referensi :


11 views

Comments


bottom of page