Back End dan Front End, Apa Bedanya?



Halo Sobat Athon!


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas dua hal yang berkaitan dengan web development yaitu back end dan front end. Sobat Athon sudah tahu belum apa yang membedakan back end dan front end? Yuk, baca informasi di bawah ini agar lebih paham tentang back end dan front end!

Back End Programming

Back end yang juga dikenal sebagai "server-side" merupakan proses pengontrolan dari sisi server, sistem, dan database. Back end berperan penting dalam kinerja situs web atau aplikasi.

Orang di balik proses pengerjaan back end disebut Back End Developer, mereka berperan untuk mengelola dan mengembangkan API (Application Programming Interface) yang berfungsi di seluruh perangkat.

Front End Programming

Front end juga disebut sebagai “client-side” karena berperan untuk menghubungkan sebuah situs atau aplikasi dengan pengguna. Front end juga bertugas untuk memindahkan desain yang telah dikerjakan oleh UI designer ke dalam bentuk yang interaktif dan membuatnya menjadi lebih hidup.

Front End Developer berperan untuk merancang dan membangun berbagai aplikasi web yang berperforma baik, memiliki tampilan yang menarik, dan juga user friendly. Aplikasi yang dibuat oleh seorang front end developer dapat berupa web, mobile native, desktop, atau platform lainnya.

Perbedaan Back End dan Front End

Bahasa pemrograman yang umumnya digunakan dalam back end adalah PHP, Ruby, Phyton, Javascript yang dijalankan dengan NodeJS, dan lain-lain. Untuk fokus pengerjaannya sendiri, back end developer berfokus database, scripting, dan arsitektur dari sebuah website.


Di sisi lain, front end menggunakan bahasa pemrograman seperti CSS (Cascading Style Sheets), HTML (Hypertext Markup Language), dan Javascript. Berbeda dengan back end, front end developer bertanggungjawab untuk memastikan pengunjung website dapat dengan mudah, dan nyaman berlama-lama dalam mengakses serta menggunakan sebuah website.


Bagaimana Sobat Athon? Pastinya mendapat insight baru kan mengenai back end dan front end. Kalau Sobat sendiri, lebih tertarik untuk mendalami back end atau front end nih?

Jangan lupa pantengin semua platform kita yaa, Sobat! Pastinya banyak banget informasi yang akan sobat dapatkan dan sangat bermanfaat untuk Sobat Athon sekalian~

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3


#DigitalTalentReady

#TogetherWeTransformed

#TelkomAthon3

#LivinginTelkom

#DigitalBisa

Referensi:

https://glints.com/id/lowongan/perbedaan-front-end-dan-back-end/#.YihxenpBzIV

https://www.binaracademy.com/blog/perbedaan-front-end-dan-back-end

https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-back-end/

https://www.dicoding.com/learningpaths/22


18 views