top of page

APA ITU USER EXPERIENCE?



Halo Sobat Athon!


Happy Friyeay,,,


Sobat kemarin kita sudah banyak membahas terkait pemrograman nih, kita beralih yuk ke UI/UX, nah siapa diantara sobat yang udah tau apa sih User Experience ? mungkin ada yang sudah tahu atau mungkin ada yang masih bingung. Pas banget nih, kita bakal bahas disini supaya Sobat semakin paham dan gak akan merasa kebingungan lagi~


Jadi apa sih User Experience itu?


Singkatnya User Experience (UX) adalah bagaimana persepsi atau pengalaman pengguna dalam berinteraksi atau menggunakan produk, sistem, atau jasa. Pengalaman ini dilihat dari betapa mudahnya pengguna untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari produk tersebut.

Sebuah prinsip dalam membangun UX adalah pengguna mempunyai kekuasaan dalam menentukan tingkat kepuasan sendiri (customer rule). Dengan kata lain, User Experience produk yang bagus tidak akan menyulitkan pengguna untuk mencapai tujuan mereka. Entah itu dari desain UI yang friendly, produk yang ringan untuk diakses, menu yang tidak berbelit-belit, dan lain sebagainya.

Namun sebaliknya, User Experience yang buruk membuat pengguna merasa tidak puas karena kesulitan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jika itu terjadi akan menimbulkan efek buruk untuk produk kita.

Dapat kita simpulkan bahwa User Experience merupakan salah satu aspek penting untuk memastikan pengguna nyaman atau tidak menggunakan produk kita. Dengan User Experience yang bagus maka pengguna akan kembali lagi menggunakan produk kita dan yang lebih bagusnya mereka akan merekomendasikannya ke orang lain. Untuk itu konsep UX perlu dipelajari lebih lanjut agar produk tetap bagus dan fokus.

Jadi, disaat kita ingin membuat produk digital seperti membuat website atau membuat blog, langkah awal yang perlu kita lakukan yaitu memastikan User Experience yang bagus, tentu dengan menggunakan empati untuk bisa menempatkan perspektif kita menjadi perspektif user

Semoga Bermanfaat, Stay Safe and Healthy Sobat !!


Jangan lupa pantengin seluruh platform kami yaaaa, Sobat :)

Instagram: @digitalamoeba

PIC: 0821 3075 7132 (Aditya)

Group telegram info Telkom Athon #3: http://ubah.in/infotelkomathon3



Referensi


9 views
bottom of page